7 Cara Mencintai Diri Sendiri Sebelum Mencintai Orang Lain

Mencintai diri sendiri. Kenapa kamu harus mencintai diri sendiri? Loh, kamu tidak butuh alasan untuk bisa mencintai diri sendiri. Bukankah itu harus?

Pengertian Self-Love

Self-love adalah sebuah perilaku positif berupa menerima dan menghormati diri sendiri. Self-love sangat berkaitan dengan kesehatan mental karena dilakukan dengan melihat, memikirkan, serta memperlakukan diri sendiri sebaik mungkin. Karena itu, perilaku ini turut mendorong seseorang untuk memiliki pandangan positif sebagai bentuk penerimaan diri.

Ketika kamu mencintai seseorang, maka kamu akan merawatnya, berusaha menyenangkannya, bangga padanya, dll. Dan kalau kamu punya ‘Self love’, maka kamu akan lakukan itu ke dirimu, merawat dirimu, berusaha menyenangkan dirimu dan bangga pada dirimu.

Self love yang kamu miliki akan membuatmu bangga akan dirimu dan percaya diri menghadapi masa-masa indah ataupun sulit dalam hidupmu.

Apakah orang yang mencintai diri akan menjadi egois? Ya ngga lah. Itu beda.

โ€œSelf love adalah tentang mencintai dan mendukung diri sendiri untuk jadi lebih baik. Ini berbeda dengan fake love yang cenderung egois dan tidak mau memperbaiki diri.โ€

Apakah kamu sudah mencintai dirimu sendiri.
Periksa lah hatimu dan dirimu, sambil bercermin, boleh. Baca pelan-pelan.

  1. Apakah aku menghargaimu, diriku?
  2. Apakah aku bersyukur untuk apa yang sudah kita lakukan?
  3. Apakah aku merawatmu, diriku?
  4. Apakah aku memaafkanmu, diriku?
  5. Apakah aku memberi kesempatan pada kita untuk berkembang?
  6. Apakah aku bangga denganmu, diriku?
  7. Apakah aku menerima kekurangan dan kelebihanmu, diriku?
    Silakan yang mau nambah.

BAGAIMANA HIDUP DENGAN SELF LOVE?

Self love adalah prinsip yang perlu diterapkan oleh setiap individu untuk meningkatkan kualitas hidup. Saya akan berbagi beberapa tips self love yang bisa Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Menerima Diri
    Menerima diri artinya kita perlu mengenali siapa diri kita. Apa kelebihan dan kekurangan kita. Dengan mengenal diri, maka akan muncul rasa menerima dan bangga akan diri sendiri. Dan akan muncul juga usaha membangun dan memperbaiki kekurangan dan kelemahan diri.
  2. Rawat Diri
    Caranya dengan menjaga pola hidup sehat. Menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Tidak mengonsumsi makanan yang tidak cocok ke tubuhmu. Hindari pola hidup tidak sehat seperti merokok, minum minuman keras dan narkoba. Menjaga kebersihan tubuh dan olahraga menjaga kebugaran tubuh.
  3. Stop Membandingkan Diri dengan Orang lain
    Kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain akan memunculkan rasa tidak percaya diri maka akan muncul penyesalan-penyesalan yang hanya akan membuatmu semakin terpuruk.
    Jadi daripada sibuk membandingkan diri dengan orang lain, kemudian sibuk berkhayal supaya bisa menjadi seperti orang lain, lebih baik fokus memperbaiki dan membangun diri menjadi seseorang yang berguna.
  4. Terus Tingkatkan Kualitas Diri
    Dunia ini terus berkembang. Ada banyak ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup yang terus berkembang sesuai dengan perkembangan jaman. Ajaklah dirimu untuk terus upgrade ilmu dan upgrade diri. Jadi dirimu akan ikut berkembang bersama dunia ini.
  5. Beri Apresiasi Diri
    Jangan lupa memberi reward untuk segala hal baik yang sudah kamu lakukan. Katakan terima kasih diriku. Kita berhasil. Kita hebat. Beli atau lakukan sesuatu yang menyenangkan untuk merayakannya.
  6. Beri Maaf Pada Diri
    Tidak hanya ketika berhasil, ketika gagal atau melakukan kesalahan, diri pun perlu mendapat perhatian. Ketika dirimu melakukan kesalahan, membuat dirimu mengalami kesulitan atau kerugian, kamu mungkin akan menyesali diri, bahkan sampai terpuruk menyalahkan diri. Manusiawi. Tapi jangan berlarut-larut, kamu adalah manusia biasa, yang tidak luput dari kesalahan dan kegagalan. Maafkan dirimu. Dengan memaafkan diri maka kamu akan lebih mudah melangkah memperbaiki diri.
  7. Pilih Circle yang Baik
    Memilih circle bukan berarti kita pilih-pilih teman dari status sosial atau ekonomi. Akan tetapi kita perlu memiliki circle yang mendukung kita untuk self love.
    Self-love adalah sebuah perilaku positif yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan mental yang seharusnya dimiliki oleh semua orang.

Sumber gambar: unsplash free

Leave a Comment